Tuesday, 8 April 2014

PERANGKAT KERAS KOMPUTER (HARDWARE)

Perangkat Keras Komputer

Mungkin sebagian besar orang yang sudah pernah menggunakan komputer sudah tidak asing lagi dengan istilah perangkat keras komputer atau hardware. Tetapi tidak ada salahnya jika kita ulas kembali mengenai apa itu perangkat keras atau hardware dan juga bisa sedikit membantu bagi yang belum tahu tentang hardware atau perangkat keras.

Komputer terdiri dari beberapa bagian. Antara lain hardware dan software. Hardware atau yang bisa juga disebut perangkat keras merupakan bentuk fisik dari komputer secara keseluruhan. Perangkat keras komputer merupakan bentuk fisik komputer secara nyata yang dapat dilihat dan disentuh.

Perangkat keras komputer bekerja berdasarkan perintah yang diberikan kepadanya. Perintah yang diberikan pada perangkat keras tersebut juga harus sesuai dengan kemampuan yang dimilik oleh perangkat keras tersebut agar dapat bekerja secara maksimal sesuai yang diharapkan.

Perintah yang diberikan oleh perangkat keras tersebut datangnya dari bagian komputer yang lain yang biasa disebut perangkat lunak atau software.

Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.

Perangkat-perangkat keras tersebut mempunyai fungsi sendiri-sendiri berdasarkan kegunaanya. Berikut ini ada penggolongan perangkat keras komputer berdasarkan fungsinya tersebut, antara lain :
  1. Perangkat masukan (input device)
  2. Perangkat pemrosesan (process device)
  3. Perangkat keluaran (output device)
  4. Perangkat penyimpanan (storage device)
  5. Perangkat tambahan (periferal)
Agar tidak bingung dengan bagian-bagian tersebut, mari kita lihat penjelasan dari masing-masing bagian tersebut



Perangkat masukan (input device)
Perangkat masukan merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang berguna untuk memasukkan data ke dalam memori atau prosesor komputer agar bisa diolah atau diproses oleh komputer.
Sedangkan input device sendiri contohnya keyboard, mouse, trackball, joystik, gamepad, scanner, webcam, graphic pad, microphone, digital camera.




Perangkat pemrosesan (process device)
Perangkat pemrosesan merupakan perangkat yang digunakan untuk memproses data yang telah dimasukkan ke dalam komputer selain itu juga mengontrol keseluruhan sistem komputer yang sedang berjalan. Selain itu perangkat pemrosesan ini juga merupakan bagian penting dalam komputer.
Bagian-bagian dari perangkat pemrosesan antara lain Central Processing Unit (CPU), Random Access Memory (RAM), Video Graphic Array Card (VGA Card), Motherboard, Power Supply Unit (PSU), Casing Unit.



Perangkat keluaran (output device)
Perangkat keluaran merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk menampilkan hasil dari pemrosesan komputer. Bisa ditampilkan di monitor, kertas, atau keluaran tersebut bisa dalam bentuk suara.
Contoh perangkat keluaran computer antara lain monitor, printer, speaker.


Perangkat penyimpanan (storage device)
Perangkat penyimpanan digunakan untuk menyimpan data. Penyimpanan tersebut bersifat permanen dan bisa dalam jangka waktu panjang. Data yang disimpan juga bisa diambil ataupun dibaca sewaktu-waktu.
Harddisk, floppy disk (disket : sekarang sudah jarang digunakan), USB Flash Drive (flashdisk), CD / DVD adalah contoh-contoh dari perangkat keluaran.





Perangkat tambahan (peripheral)
Perangkat tambahan adalah perangkat tambahan yang dibutuhkan oleh komputer. Meskipun komputer masih bisa bekerja tanpa adanya perangkat tambahan tersebut, namun dengan adanya perangkat tambahan tersebut maka komputer pun bisa bekerja secara maksimal.
Contohnya Network Interface Card (NIC), Modem, sound card.

0 comments:

Post a Comment