Wednesday 30 April 2014

Kasus Pelanggaran HAM




1)     Kasus Timor Timur (1999)
Kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia menjelang dan pasca jejak pendapat 1999 di timor timur secara resmi ditutup setelah penyerahan laporan komisi Kebenaran dan Persahabatan (KKP) Indonesia - Timor Leste kepada dua kepala negara terkait





2)     Kasus Tanjung Priok (1984)
Kasus tanjung Priok terjadi tahun 1984 antara aparat dengan warga sekitar yang berawal dari masalah SARA dan unsur politis. Dalam peristiwa ini diduga terjadi pelanggaran HAM dimana terdapat rarusan korban meninggal dunia akibat kekerasan dan penembakan.



3)     Peristiwa Sampit
terjadi pada tahun 2000 tempat nya di Sampit, Kalimantan Tengah terjadi bentrokan yang memakan banyak korban yang diakhiri dengan bentuknya Forum Komunikasi Umat Beragama (FKAUB) di kabupaten Dati II Poso.





4)     Kasus terbunuhnya Marsinah, seorang pekerja wanita PT Catur Putera Surya Porong, Jatim (1994)
Marsinah adalah salah satu korban pekerja dan aktivitas yang hak-hak pekerja di PT Catur Putera Surya, Porong Jawa Timur. Dia meninggal secara mengenaskan dan diduga menjadi korban pelanggaran HAM berupa penculikan, penganiayaan dan pembunuhan.











5)     peristiwa Trisakti dan Semanggi I dan II(1998)
Tragedi Trisakti terjadi pada 12 Mei 1998 (4 mahasiswa meninggal dan puluhan lainnya luka-luka). Tragedi Semanggi I terjadi pada 11-13 November 1998 (17 orang warga sipil meninggal) dan tragedi Semanggi II pada 24 September 1999 (1 orang mahasiswa meninggal dan 217 orang luka-luka).
.


6)     Tawuran pelajar dan tawuran warga
Tawuran antar siswa SMA dan warga di daerah Lenteng Agung-Pasar Minggu. Aksi brutal para pelajar yang menggunakan seragam putih abu-abu ini, kontan meresahkan warga sekitar. Sebagian pelajar, ada juga yang sudah melepas seragam sekolahnya.
Warga yang merasa terganggu dengan aksi para pelajar itu, coba membubarkan aksi tawuran. Namun, bukan melarikan diri, para pelajar itu malah menyerang warga dengan melempari batu.
Selasa (11/6/2013)

7)     Kasus Ambon (1999)
Peristiwa yang terjadi di Ambon ini berawal dari masalah sepele yang merambat kemasala SARA, sehingga dinamakan perang saudara dimana telah terjadi penganiayaan dan pembunuhan yang memakan banyak korban.




8)     Main hakim sendiri terjadi pada kasus pengeroyokan maling ayam yang terjadi di lingkungan Fakultas Pertanian universitas diponegoro semarang pada tanggal 4/3/2010. Pelakunya Siswadi dikeroyok oleh warga hingga tewas.

0 comments:

Post a Comment