Thursday 10 April 2014

Macam - Macam Bentuk Bahasa


A.                  SINONIM : bahasa yang maknanya mirip atau sama dengan bentuk bahasa lain.
1.Bapak=Ayah
-Ayah saya seorang PNS.
2.Nakal=Bandel
-Ayu memeng anak yang bandel
3.Dusta =Bohong
-Jumardi berbohong kepada saya.
4.Ganteng=Keren
-kakak saya orangnya memeng keren.
5.Senang=Gembira
-Saya sangat gembira bertemu dengan ibu.

B.                           ANTONIM : kata yang berlawanan makna dengan kata lain
1.Senang><Sedih
-Saya sedih melihat teman saya yang sakit.
2.Lapar><Kenyang
-Amran sangat kenyang stelah makan bakso.
3.Laki-laki><Perempuan
-Bibi saya melahirkan seorang anak perempuan.
4.Panas><Dingin
-Cuaca malam ini sangat dingin.
5.Gemuk><Kurus
-Karena malas makan Irsan keliatan kurus.

 
C.                            HOMONIM : kata yang ejaan dan pelafalanya sama, tetapi berbeda makna.
1.Bulan(dalam kalender), Bulan(nama satelit)
-Pada bulan Desember akan di adakan semester.
-Malam ini bulan bersinar dengan indah.
2.Genting(gawat),Genting(atap rumah)
-Keadaan masyarakat palestina sekarang sangat genting.
-Genting rumah saya bocor.
3.Dasar
-Dasar Andi anaknya memeng nakal.
-Dasar Negara kita adalah pancasila.
4.Bagi(pembagian), Bagi(untuk)
-Makanan itu harus di bagi rata.
-Bagi mahasiswi UnisMuh diwajibkan memakai jilbab.
5.Rapat(tidak renggang), Rapat(pertemuan)
-Pak guru menyuruh kami rapat dalam barisan.
-Besok pagi ada rapat di kantor.

D.   HOMOFON : kata yang pelafalan nya sama, tetapi berbeda ejaan dan maknanya.
1.Rok(pakaian), Rock(aliran music)
-Saya sangat suk music rock.
-Ayu memakai rok ke kampus.
2.Djarum(merek rokok), Jarum(alat untuk menjahit)
-Ayah menyuruh saya membeli rokok djarum.
-Tangan sya berdarah tertusuk jarum.
3.Tank(kendaraan perang), Tang(alat perkakas)
-TNI latihan enggunakan mobil tank.
-Saya butuh tang untuk memprbaiki motor.
4.Massa(kerumunan masyarakat), Masa(waktu)
-Pencuri itu tewas di keroyok massa.
-Saya ingin hidup lebih baik di masa yang akan datang.
5.Bank(tempat menyimpan uang), Bang(panggilan untuk kakak)
-Banyak orang yag menyimpan uangnya di bank.
-Bang Toyib masih belum pulang juga.

E.                            HOMOGRAF : kata yang ejaan nya sama, tetapi berbeda makna dan pelafalan nya.
1.Serang(nama kota), Serang(perang)
-Minggu depan saya ingin ke kota Serang.
-Pasukan itu di serang oleh musuhnya.
2.Rendang(makanan), Rendang(pohon yang lebat)
-Ibu sedang masak rendang.
-Tidur di bawah pohon yang rendang memeng nyaman.
3.Per(benda), Per(pembagian)
-Per sepeda itu bekerja dengan baik.
-Mahasiswa harus membayar uang Bpp per semester.
4.Tahu(makanan), Tahu(mengetahui)
-Irsan tidak suka makan tahu.
-saya tahu tentang pelajaran ini.

F.                            POLISEMI : suatu kata yang mempunyai makna lebih dari satu
1.Memeluk
-Keluarga saya memeluk agama islam.
-saya sangat ingin memeluk ibu saya.
2.Kepala
-Tiap kepala di wajibkan membayar uang pajak.
-Ayah saya adalah seorang kepala sekolah.
3.Mata
-Mata saya perih terken debu.
-Polisi itu menjadi mata-mata bandar narkoba.
4.Tangan
-Tangan Andi terluka terkena pisau.
-Ayah saya menjadi tangan kanan presiden.
5.Darah
-Kepala Jukri penuh darah akibat terbentur.
-Saya dan Jukri memiliki hubungan darah.

G.                                Denotasi adalah makna kata yang bersifat objektif (makna sebenarnya)
1.    Ayah pulang membawa buah mangga (buah mangga yang dimaksud adalah jenis buah)
2.    Pak Broto memelihara kambing hitam (kambing hitam yang dimaksud adalah jenis hewan)
H.       Konotasi adalah makna yang ditambahkan pada makna denotasi (makna kiasan)
1.    Ayah pulang dari bogor membawa buah tangan (buah tangan : oleh – oleh)
2.    Ratna dianggap sebagai kambing hitam (kambing hitam: orang yang disalahkan)



HIPERNIM DAN HIPONIM
1.HIPERNIM:Setan
   HIPONIM: Tuyul, kuntilanak, pocong, sundel bolng, dsb.
2.HIPERNIM: Buah
   HIPONIM: Mangga, apel. anggur, jambu, jeruk, dsb.
3.HIPERNIM: Hewan
   HIPONIM: Ayam, kambing, sapi, harimau, singa, dsb.
4.HIPERNIM:Kendaraan
   HIPONIM:Mobil, motor, sepeda, becak, dsb.
5.HIPERNIM:Handphone
   HIPONIM:Nokia, motorolla, samsung, cross, dsb.

0 comments:

Post a Comment